Sabtu, 24 Desember 2011

Misteri Natal



Tidak terasa sebentar lagi tanggal 25 Desember, semua orang tahu kalau tanggal itu adalah hari natal, bukan? Ya, Natal hari rayanya umat Kristiani. Hari yang sangat istimewa bagi seluruh ummat pengikut Yesus. Pada hari itu hampir semua kalangan memperingatinya, khususnya orang Kristen. Sekali saya katakan orang Kristen, bukan ummat Nashrani. Lho, apa bedanya ? di sinilah akan saya beberkan setahu saya.

Asal tahu saja, natal yang setiap tahun tepatnya tanggal 25 Desember dirayakan oleh umat Kristen sebenarnya adalah hari peringatan  kelahiran dewa matahari. Pada tanggal tersebut para penganut paganisme mempercayai bahwa dewa lahir dari seorang perawan suci di sebuah gua.

Ajaran natal yang ada pada agama Kristen juga pada dasarnya tidak ada dalam bible. Tak ada satu ayatpun dalam bible yang menyebutkan kata natal atau perintah untuk memperingati hari Natal pada tanggal 25 Desember. So, dari mana mereka (orang-orang Kristen) memperingati natal ? ini dia anehnya mereka. Melakukan suatu ritual yang sebenarnya tudak tahu asal-usulnya.

Menurut banyak sejarahnya Natal ternyata bukanlah ajaranYesus, melainkanajaran yang dibuat-buat oleh Paulus. Paulus sendiri bukanlah murid Yesus, tetapi seseorang yang mengacak-acak kitab ajaran Yesus. Dialah yang menciptakan agama Kristen.

Banyak ayat-ayat yang dia ubah seenaknya sendiri, bahkan hampir semua ayat ia ubah sedemikian rupa demi memenuhi nafsunya sendiri. Ajaran Yesus banyak ia ubah, seperti dalam ajaran Yesus hari suci ialah hari Sabtu  atau Sabat, tapi kenapa dalam Kristen hari Minggu adalah hari suci ? ini semua tak lepas dari ulah Paulus. Bahkan dia sebenarnya sangat dubenci olah murid-murid Yesus yang setia. Namun ia memaksa mereka untuk memngikuti keinginanya.

Dalam memaksa mereka untuk mengikuti pemikiran gila Paulus banyak mengorbankan nyawa yang tak berdosa.
Termasuk di dalamnya pemaksaan until memperingati hari kelahiran Yasus. Natal tidak memperlihatkan kelahiran  asli Yesus, tetapi ia hanya kelanjutan dari ritual-ritual agama kafir.

Dalam injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohannes serta kisah Rasul dan surat-surat Paulus yang terkumpul dalam al-Kitab, tidak tahu dan kehilangan jejak tentang tanggal dan bulan kelahiran Yesus. Hanya injil Mtius dan  Lukas yang  mencatat  tentang seorang perawan melahirkan, tetapi mereka berdua tidak menunjukan secara pasti waktu kelahirannya, bahkan mereka membisu kapan sebenarnya peristiwa itu terjadi. Lukas mengatakan, malam ketika Yesus lahir, penggembala di pinggiran kota yang berada di luar di bawah langit terbuka cerah melihat malaikat dan sejumlah tentrara sorga yang memuji Tuhan :
“Kemuliaan bagi Tuhan di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera diantara manusia yang bekenan kepadanya”[1]

Pernyataan ini, jika ini benar, berarti kelahiran yesus kemungkinan besar jatuh pada bulan musim panas dimana para penggembala keluar di malam hari untuk menjaga domba-dombanya. Clement dari Aleksandria, seorang tokoh Kristen pertama, mengatakan bahwa Kristen Basidilius meyakini bahwa Yesus lahir tanggal 24 atau 25 pada bulan yang dinamakan oleh orang Mesir Pharmuthi (April). Sekte Kristen lainnya menegaskan bahwa kelahirannya tepat waktu Augustus Caesar berusia 28 tahun pada tanggal 25 bulan Pachon yang sama dengan tanggal 20 Mei. Gereja juga memiliki buku kecil yang ditemukan diantara tulisan-tulisan orang-orang Cypria, ditulis tahun 243 M, yang menyatakan bahwa kelahiran Yesus bertanggal 28 Maret.[2]

Pada waktu kelahiran Kristen ada beberapa mitos dewa yang dipercayai oleh para penganut paganisme. Saya akan menjelaskan secara singkat figure-figur mitos yang dihormati dan didewakan oleh para pengikutnya. Sekalilagi secara singkat saja.

  •    Mithra
            Ia adalah dewa matahari bangsa Persia.menurut tradisi, ia adalah anak  dewa matahari yang di kandung oleh seorang perawan, dan lahir tanggal 25 Desember di gua. Dia memiliki dua belas murid dan dia adalah Mesiah yang telah lama ditunggu dan dirindukan oleh negaranya. Ia mati dibunuh untuk menanggung dosa para pengikutnya, kemudian hidup lagi dan disembah sebagai inkarnasi (titisan) Tuhan. Para pengikutnya mengajarkan kemuliaan dan keagungan moral. Mereka memiliki tujuh sakramen yang paling penting adalah Pembaptisan, Peneguhan dan Ekaristi (perjamuan suci) dimana “para jemaat mengambil bagian kodrat ketuhanan Mithra dengan memakan roti dan meminum anggur”.Mereka membangun pusat penyembahan yang letaknya tepat dimana Vatikan membangun pusat gereja.

  • Adonis

              Adonis adalah sebutan Yuananinya dari kata bahasa Syria “Adon” yang artinya “Tuhan”. Nama ini di berikan kepada dewa purba bangsa Babilonia yang bernama “Tamus”. Ia diyakini lahir tanggal 25 Desember. Ia mati terbunuh dan dikubur, tetapi setelah menghabiskan waktu tiga hari diliang kuburnya, ia diijinkan hidup lagi oleh dewa kegelapan yang bernama “Hades”. Ia adalah dewa penyelamat bangsa Syria.Bibel (Alkitab) perjanjian lama menceritakan tentang wanita menangis disaat menyembahnya :
            “Lalu dibawaNya aku dekat pintu gerbang rumah tuhan yang di sebelah utara, sungguh, di sana ada perempuan-perempuan yang menangisi dewa Tamus.”
  • Attis
            Attis adalah sebutan dewa Tamus atau Adonis bagi bangsa Friga. Ia lahir melalui kandungan seorang perawan bernama Nana dan di wakini sebagai “anak tunggal” dewa tertinggi bernama Cybele. Ia mencurahkan darah dari kakinya di pohon cemara pada tanggal 24 Maret (pararel dengan Paska hari Minggu) yang di rayakan secara besar –besaran oleh para pemeluknya. Pembabtisan dan ekaristi merupakan acara  khusus di rumah pribadatan pada prayaan itu.
  •  Bacchus (Dionysus)
            Ia adalah dewa matahari Yunani, yang lahir dari kandungan seorang perawan yang bernama Demeter, yang mengandungnya dari benih dewa Yupiter tanpa hubungan badan. Ia lahir tanggal 25 Desember. Dia adalah penyelamat dan pembebas manusia, yang di bunuh untuk menebus dosa manusia. Kesengsaraannya setiap tahun selalu dirayakan until mempringati hari kematianya, bersemayam di kuburnya dan kebangkitannya .
  •         Osiris
            Ia adalah dewa matahari bangsa Mesir yang lahir tanggal 25 Desember melalui kandungan seorang perawan yang disebut “perawan dunia. Ia memiliki dua belas murid, salah satunya bernama Typhone, yang mengkhianatinya dan mengakibatkan kematiannya. Setelah bersemayam dikuburkan selama tiga hari, ia hidup lagi. Ia diyakini sebagai inkarnasi (jelmaan) Tuhan dan merupakan salah satu oknum dari tiga dewa bangsa Mesir.

  •  Krisna
            Ia lahir dari seorang perawan bernama Dewaki tanpa melalui hubungan badan. Dia adalah anak tunggal dewa Wisnu. Kelahirannya diproklamirkan dengan paduan suara para bidadari, “Meskipun dia keturunan raja, tetapi sebenarnya dia lahir di gua.” “Dia diyakini sebagai Alfa dan Omega (yang awal dan yang akhir)alam semesta. Dia melakukan berbagai kutukan  yang menakjubkan. Ia mengorbankan hidupnya bagi manusia. Di saat kematiannya, matahari tampak gelap di siang hari. Ia bersemayam di kuburan. Kemmudian hidup lagi dan naik ke langit. “ Ia akan datang lagi ke bumi di akhir zaman dan akan menjadi hakim di hari akhir”. Ia merupakan inkarnasi dwa Wisnu dan menjadi salah saatu oknum dari dewa Trimurti ( Wisnu, Brahma, Syiwa ).

  •   Budha
            Selama hidupnya ia melakukan mukjizat yang besar. Sebagai penyelamat manusia, dia menjadi lambang kedamaian. Dia akan datang lagi ke bumi di akhir zaman dan menjadi hakim. Dia menghapus dosa manusia dengan membayar tebusan darahnya kepada setan. Obyek utamanya di dunia ialah untuk membangun kerajaan utama yang universal ( Dharma Chakra ). Dia berjanji bahwa Budha lain akan datang setelah kepergiannya.
            Jika kita amatti, dari sekian profil dewa matahari dan figurnya di atas maka tapak persaan yang sangat erat kaitannya antara saru dengan yang lain.
            Hapir semua dewa tersebut memiliki ciri-ciri :
  1. lahir tangga 25 Desember.
  2. lahir melalui kandungan seorang perawan di dalam gua atau di bilik bawah tanah.
  3. mengorbankan hidunya untuk manusia.
  4. mempunyia gelar Penebus Dosa, Penyelamat, Perantara, dan lain sebagainya.
  5. pada awalnya ia dikalahkan oleh kejahatan, seperti mati, tetapi selanjutnya dia hidup lagi dan naik ke langit. Dalam hal ini.
  6. mendirikan komuni Santo (jemaat orang suci) dan gereja par dimana murid  yang diterimanya dibaptis.
  7. diperingati dengan pesta Ekaristi (perjamuan suci) oleh para pengikutnya.
Jadi sudah jelas, bahwa semua yang disematkan kepada Yesus oleh orang Kristen ialah merupakan adopsi dari dewa-dewa matahari, termasuk dalam hal ini yang paling mencolok ialah tanggal kelahirannya pada tanggal 25 Desember.
Clement dari Alekssandria, seorang tokoh Kristen pertama, mengatakan bahwa Yesus lahir tanggal 24 atau 25 pada bulan yang dinamakan oleh orang Mesir Pharmuti ( April ). Sekte Kristen lain mengatakan bahwa kelahiran Yesus tepat waktu Augustus Caesar berusia 28 tahun pada tanggal 25 bulan Pachom yang sama dengan tanggal 25 Mei. Bahkan gereja memiliki tulisan-tulisan orang Cypria, ditulis tanhun 243 M, yang menyatakan bahwa Yesus lahir pada tanggal 28 Maret.
Lantas dari manakah orang Kristen menetapkan hari natal tanggal 25 Desember ?
Seperti saya sebutkan di atas, bahwa Kristen dan Nashrani adalah dua ajaran yang berbeda, keduanya mempunyai perbedaan mendasar yang mendasar :
  1. Agama Nashrani dibawa oleh Yesus (Nabi Isa a.s.), berasal dari kata Nazaret, desa tempat kelahiran Yesus.
Ajaran-ajaran agama Nashrani antara lain :
    1. Yesus dikhitan pada umur 8 tahun.
    2. Yesus meniggal dunia diberi kain kafan.
    3. Yesus tak minum khamar ( minuman keras ).
    4. Yesus tidak makan babi.
    5. Yesus tidak makan darah.
    6. Yesus adalah utusan tuhan / rasul.
Para pengikut Yesus disebut Khawariyyun, yaitu orang yang kemudian disebut kaum Nazarean ( Nasrani).

  1. Agama Kristen dibawa dan kembangkan oleh Paulus pada tahun 40 Masehi di kota Antiokia.
Ajaran-ajarannya antara lain :
    1. Tidak perlu ada khitan / disunat.
    2. Meninggal dunia dipakaikan pakaian pengantin.
    3. Khamr ( minuman keras) dihalalkan.
    4. Babi halal.
    5. Darah halal.
    6. Yesus adalah Tuhan ( oknum kedua dari doktrin Trinitas)

Para pengikut Paulus disebut kaum Kristiani. Dengan beberapa uraian di atas, mestinya kita dengan cermat membedakan antara agama Nasrani yang dibawa oleh Yesus dan agama Kristen yang dibawa oleh Paulus, seorang yang telah membunuhi murid-murid/pengikut-pengikut setia Yesus. Dan akhirnya ia membuat ajaran baru dalam Nasrani yang kita kenal sekarang, Kristen.
Jadi masih mau nih merayakan ajaran Paulus yang ingkar terhadap Yesus?
Kembali ke soal Natal, pada tanggal 25 Desember nanti jemaat  Kristen akan ramai-ramai merayakan hari kelahiran Dewa Matahari, bukan kelahiran Yesus. Lagi pula di Bible tidak pernah disebutkan tanggal kelahiran Yesus tanggal 25 Desember. Yang ada adalah mitos dewa matahari yang lahir pada tanggal tersebut dalam buku-buku sejarah.

Saya sarankan kepada pembaca agar mencari refrensi lagi tentang ini. Anda bisa mencarinya di beberapa  buku kristolog seperti karangan Irena Handono, atau blog Misteri Penyaliban Yesus, atau buku Dr. Hamid Qadri, Awan Gelap Dalam Keimanan Kristen.

Saya bukannya menyinggung siapa saja yang beragama Kristen, hanya saja ingin memberikan inforasi kepada mereka yang mungkin selama ini mereka acuhkan. Apakah akan tetap merayakan Natal pada tanggal 25 Deseber nanti atau sebaliknya.








[1] Lukas 2:14
[2] Hasting’s Encyclopaedia of Religion and Ethics, vol 3, hal. 603.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar